Augmented Reality

Augmented Reality (AR) pada dasarnya adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Apa Augmented Reality Telah Digunakan untuk Sekarang ?
Sebagai konsumen dan individu, kita masih jarang melihat penggunaan dan kemampuan AR di kehidupan keseharian kita sehari. Dalam industri di seluruh dunia Namun, AR telah digunakan untuk beberapa waktu.

Dalam militer misalnya, AR telah digunakan selama beberapa tahun di kaca jendela atau headgears tentara yang memberikan informasi tentang lingkungan mereka. Militer strategi telah menggunakan sistem navigasi untuk posisi dan musuh unit ramah, dan sering AR memungkinkan Anda untuk melihat rincian lebih dari mata manusia yang mampu.

Dunia pengobatan , AR telah digunakan di berbagai bidang termasuk simulasi operasi, proyeksi ultra-sound, Visualisasi anatomi sendi bergerak, prosedur bedah saraf, pendidikan bedah.


Gamer telah mengembangkan ARG untuk mendorong batas-batas imajinasi kita. Check out, seorang penembak AR untuk kamera ponsel, dibuat di Georgia Tech Lab Augmented Lingkungan dan Colelge Savannah Seni dan Desain.



Masa depan augmented reality dan bagaimana kita akan menggunakan.
Periklanan adalah di mana AR akan berperan paling kuat. Bagi mereka yang belum melihat contoh dari suatu produk, ada sebuah mobile sedang dikembangkan, dan bahkan sudah diluncurkan, dengan augmented reality kita dapat melihat detail mobil tersebut tanpa harus mengunjungi secara langsung showroom mobil tersebut.

 


Pariwisata juga dianggap akan menerima dampak terbesar dari pembangunan di AR. Dengan Augmented reality kita dapat menciptakan suatu tour yang lebih menarik. Hanya dengan bermodalkan perangkat AR ( minimal Mobile phone berkamera ) maka kita dapat melihat suatu oblek wisata dilengkapi denga info info yang lengkap mengenai objek wisata tersebut. Bahkan jika kita berada di kota yang tidak kita kenal, kita dapat menggunakan navigasi Augmented relity untuk mengetahui objek wisata mana saja yang ada dalam kota tersebut.

Di dunia pendidikan AR memiliki banyak keuntungan dibandingkan model manual berbasis dan VR tradisional dalam pelatihan dan pembelajaran aplikasi karena pengguna dapat melihat dan menyentuh benda-benda nyata, dan pada saat yang sama memiliki dukungan dipandu interaktif untuk memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan langkah mereka sendiri. Dukungan ini termasuk menyoroti dan sekuensing objek tertentu di pengguna bidang pandang, tergantung pada tugas dan pengguna pengalaman, atau presentasi dokumentasi. Selain itu, akan mungkin bagi seorang ahli terpencil untuk memberikan bantuan dengan mengendalikan informasi yang ditampilkan oleh sistem.

Kombinasi teknologi AR dengan pendidikan isinya melahirkan jenis baru aplikasi otomatis dan bertindak untuk meningkatkan efektivitas dan daya tarik pengajaran dan pembelajaran bagi siswa dalam sebuah adegan kehidupan nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please share your opinion. :)