Facebook Timeline

User interface dari facebook selalu berkembang menyesuaikan dengan keinginan customer. Ketika pertama launching tampilan facebook sangat minimalis dengan sedikit fitur, dengan bertambahnya kebutuhan dan di tambah dengan minat pengguna layanan jejaring social yang di launching pada bulan Februari 2004. Dengan pembaharuan user interface atau tampilan halaman facebook, diharapkan pengguna jejaring sosial akan semakin nyaman dengan desain facebook, serta akan mempermudah akses ke berbagai macam fitur yang disediakan facebook.
Pada bulan februari 2011 ini facebook kembali hadir dengan inovasi di sisi tampilan. Di kota San Francisco, tepatnyadi konferensi F8, Mark Zuckerberg melaunching fitur baru yang bernama Facebook Timeline. Timeline ini adalah suatu fitur yang memungkinkan kita mendapatkan pengalaman yang lebih dalam menjelajahi profile seseorang. Timeline secara garis besar akan mengubah seluruh desain profil kita. Sesuai namanya, aktivitas - aktivitas yang kita lakukan di facebook akan terekam dan ditampilkan secara urutan waktu. Ciri yang membedakan dengan halaman profil facebook lama adalah dengan adanya cover. Cover seperti gambar header di website yang umum kita jumpai di dunia internet, cover nerupakan gambar besar yang akan tampak di bagian atas halaman profil. Dengan adanya cover ini, halaman profil facebook anda akan terlihat sangat cantik dan manis :)


Zuckerberg menegaskan, berusaha untuk menampilkan semua konten ini adalah tantangan terbesar dalam hal desain. Bagaimana Anda dapat melihat semua hal diatas dalam sebuah halaman? Semua konten terakhir terlihat dalam sebuah grid-view baru. Namun ketika Anda melihat kembali ke masa lalu, ini lebih mengenai menampilkan konten milik Anda yang paling penting, makin jauh Anda kembali, makin sedikit yang Anda lihat. ”Itulah keajaiban dari cara kerja Timeline,” ujar Zuckerberg.

Untuk saat ini timeline tidak bisa digunakan oleh semua pengguna facebook dikarenakan fitur ini masih dalam tahap percobaan. Ketika seorang pengguna telah merubah tampilan profilnya ke timeline, pengguna lain tidak dapat melihat perubahan itu, hanya pengguna yang juga telah merubah profilnya ke timeline dapat melihat perubahan pada profil pengguna lain.

Nah, Setelah mengetahui apa itu timeline, apakah anda tertarik menggunakan timeline di profil anda? Berikut ini merupakan cara agar profil kita dapat berubah menjadi timeline profil.

  1. Masuk ke facebook developer http://developers.facebook.com/, setelah anda mendaftar akan dihadapkan dengan tampilan berikut.
  2. selanjutnya pilih tab Apps pada tab di bagian atas, kemudian pilih tombol +create new app di pojok kanan atas.
  3. Masukkan App display name dan app name space, penamaanya terserah anda, karena tidak akan berpengaruh terhadap tampilan timeline di profil. centang agree to the platform privacy policy, dan continue.
  4. Setelah selesai memberi nama aplikasi, pilih "open graph" di panel sebelah kiri. Masukkan nama action dan objek yang kita buat, isi sesuai keinginan anda, alisa terserah. Lanjut Get Started.

  5. Selanjutnya kita tidak perlu mengubah apapun yang ada di tampilan layar, cukup tekan save hingga aplikasi berhasil dibuat.

  6. Menurut pendapat saya, di semua bagian yang telah saya jelaskan tadi kita membuat aplikasi asal asalan sehingga kita terdaftar sebagai developer facebook. CMIIW (correct me if i wrong).
  7. Masuk ke halaman home facebook, seharusnya ada pemberitahuan dari facebook di atas home jika ada fitur baru yaitu timeline, klik get it now.
  8. Viola.... Profil facebook anda telah berubah tampilan ke Timeline version.
  9. Selanjutnya selamat menjelajahi tampilan facebook baru anda. 
Fitur selain utama timeline, fitur yang paling digemari adalah adanya cover / header, namun dengan adanya header ini juga akan memakan bandwitch yang cukup lumayan, apalagi jika gambar yang du upload ukuran besar. dengan kecepatan internet ala kadarnya, bakalan lama untuk memuat seluruh profil. ini profil saya, silakan cek, jangan lupa comment yah, apakah anda suka dengan timeline atau hanya profil biasa seperti dahulu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please share your opinion. :)