mengapa harus diet ?

Kira kira 3 bulan yang lalu saya memulai suatu kegiatan yang harus mengubah mindset hidup saya. yaitu d-i-e-t, ya diet. saya orang yang terbiasa makan tanpa memikirkan waktu makan, kapan-pun saya ingin makan saya ke dapur, dan mencari piring untuk segera mengisi dengan dan nasi, bahkan jika lauk tidak ada, telor ayam (yang pasti tersedia di dapur) langsung saya goreng. Apa lagi jika lagi stres memikirkan pekerjaan di malam hari. Belum lagi kebiasaan tangan yang selalu kerjasama sama mulut untuk nyemil. susah banget untuk menghentikan hubungan simbiosis antara tangan dan mulut.

Ya, itu masa lalu. sekitar 3 bulan yang lalu kebiasaan tersebut masih berlangsung. Lha, sekarang? Udah ndak donk. saya sudah memulai membiasakan pola hidup sehat dengan diet.
Diet sendiri berarti membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh. kenapa saya melakukan diet? alasan utama saya melakukan diet sehat adalah karena ayah saya. Di usia yang hampir 60, segala penyakit usia tua mulai menampakkan jati dirinya. Diabetes, darah tinggi, dan masalah jantung menemani keseharian ayah saya. Saya jadi berfikir kok bisa penyakit tersebut selalu menjadi masalah. Melihat kebiasaan makan ayah saya, saya tidak heran, di masa mudanya soto dan gulai selalu menjadi makanan favoritnya, apa lagi jeroan. Haduh.. apa saya juga tua nanti seperti itu? Tidak mau berteman dengan  penyakit penyakit tua tersebut saya mulai merubah pola hidup saya menjadi lebih sehat. Salah satunya dengan diet. Nah, alasan saya diet adalah menuju pola hidup sehat. Ingat pola hidup sehat bukan hanya diet!
Alasan diet banyak versi menurut siapa yang melakukannya. antara lain :
  1. Penyakit.
    Ya, penyakit merupakan alasan utama untuk anda berdiet. seperti yang saya ceritakan tadi. apakah mau anda ditemani diabetes dalam menjalani masa tua anda? Apakah anda tidak khawatir dibangunkan penyakit jantung anda ketika sedang santai di masa tua? Nah, jika tidak mau mulailah merubah pola makan anda.


  2. Menurunkan berat badan.Alasan ini merupakan salah satu alasan kuat bagi kaum obesitas. karena dengan berat badan yang lebih kecil, akan membantu anda dalam melaksanakan aktivitas sehari hari. Bukan untuk kaum obesitas saja yang harus menurunkan berat badannya. kadang kadang seseorang yang memiliki berat badan sedikit diatas ideal, walaupun hanya kelebihan kurang/lebih 5 kilo, pasti ada yang menginginkan berat badan lebih sempurna. terutama wanita nih, sering saya mendengar. " aaa aku gendutan.. :( " padahal cuma naik sekilo. cape deh --a

  3. Profesi.
    Ketika seseorang memiliki profesi yang harus mengedepankan penampilan harus memiliki tubuh yang terawat sedikit timbunan lemak di daerah pangkal tangan, paha pipi dan perut menjadi masalah utama dalam penampilan. contoh profesi yang membutuhkan perhatian ekstra dalam asupan makanan antara lai presenter, model, dan beberapa profesi lain yang berhubungan dengan public relation.


  4. Alasan Tidak penting lainnya.
    Nah ini alasan yang cukup menggelikan untuk melakukan diet, namun masih saja banyak yang menggunakan alasan ini dalam dietnya. contoh : ikutin artis X atay, sama z, biar pacar tambah sayang, demi menjadi pacarnya si P, dll. 
    xx
Namun yang perlu diketahui definisi diet disini adalah mengatur jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. diet sendiri merupakan bagian dari hidup sehat yang mengandung unsur unsur lain seperti olahraga, manajemen pikiran dan lain lain. jadi bagi anda yang ingin melakukan diet sebaiknya dibarengi dengan pola hidup sehat yang lain.
Untuk info kalori dan jenis diet di posting berikutnya ya.
keep health. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please share your opinion. :)