Hape ku... NOKIA 5200

ada sdikit info nih tentang gadget yang selama ini selalu setia menemani aku, NOKIA 5200.
Alternatif Pilihan Ponsel Musik
Desain Nokia 5200 nyaris serupa dengan pendahulunya yakni seri Nokia 5300 Xpress Music Secara kasat mata perbedaannya terlihat di sisi kiri N5300 terdapat tombol shorcut pemutar musik untuk play, pause, next dan previous, sedangkan di N5200 hanya tombol shorcut ke pemutar musik. Bila diteliti lebih dalam pembeda lainnya adalah kualitas kamera, seri N5300 berkemampuan 1,3 mega piksel sedangkan Nokia 5200 kemampuannya sebatas VGA (640 x 480 piksel).


Sebagai pemutar musik sudah terlihat dari tongkrongannya yang funky berwarna putih susu dibalut biru dongker mengelilingi bodinya. Tombol shorcut di sebelah kiri (ikon nada) juga mencirikan ponsel ini memang pemutar musik. Tombol untuk mengontrol volume ada di sebelah samping kanan, jadi tak perlu repot-repot. Tombol navigasi yang ada di tengah terasa empuk digunakan untuk mengontrol pemutar musik dan menu lainnya. Membuka slidingnya pun mudah dengan satu jari saja, terasa di bagian tengahnya seperti ada relnya.

KAMERA
Hasil jepretan kamera VGA cukup lumayan, pada contoh Selular memotret di outdoor dengan setting white balance auto pada siang hari. Ada pilihan image sequence, yaitu dalam sekali jepret menghasilkan empat foto sekaligus. Pilihan effect ada normal, false colour, greyscale, sepia, negative dan solarise.

VIDEO
Untuk rekam video tak jauh beda pilihan white balance maupun pilihan effectnya. Pemutar video kompatibel dengan format 3gp yang ditransfer via buletooth dari ponsel lain. Selular menguji transfer video format 3gp dengan file sebesar 1,5 MB membutuhkan waktu 1 menit 14 detik. Begitu file video diputar tak ada kendala dan berjalan normal.

VIDEO PLAYER
Dapat memutar video hasil rekaman kamera sendiri maupun dari rekaman kamera ponsel lain dan tidak ada masalah. Bahkan bisa diputar pada mode fullscreen (seukuran layar ponsel), meski hanya dapat memutar format 3GPP.

MUSIK
Alunan gitar Slash dan lengkingan vocal Axl Rose dari grup Gun ‘N Roses pada tembang lawas “Knocking on Heaven’s Door terdengar merdu jika menggunakan earset HS 47. Bahkan jika volumenya digeber sampai maksimal tidak terasa sakit di telinga. Tampilan menu pemutar musik sangat familiar, untuk mengontrol play, pause, backward dan forward hanya dengan satu jari menggunakan tombol navigasi.

Equaliser yang tersedia adalah normal, pop, rock, jazz, classical dan set pilihan sendiri. Dan terasa perbedaannya tergantung genre lagu yang diputar. Music library dapat mengelompokkan lagu yang diputar berdasarkan artist, album, genre maupun composer

Ada banyak jalan untuk mentrasfer musik, bisa melalui kabel mini USB, bluetooth, dan infrared, disarankan dengan kabel mini USB dan di PC/laptop sudah terinstal Nokia PC Suite versi terbaru.

INTERNET
Tak cuma handal di musik, urusan internet juga tergolong bagus. Ada link untuk mendownload lagu dari internet ke nokia.com. Ponsel ini juga bisa dijadikan modem GPRS dengan koneksi kabel USB maupun bluetooth.

VOICE RECORDER
Fasilitas perekam suara mampu merekam hingga satu jam dalam format amr. Ketika selesai merekam hasilnya bisa diputar atau dikirim via bluetooth, infrared, atau audio message.

GAME
Kelanjutan dari game snake yang sudah lazim ada di ponsel Nokia sejak lama. Snake versi III sudah lebih bagus dari segi tampilan dan gambarnya. Kita harus mengarahkan sang ular untuk memakan buah-buah yang ada di arena. Semakin banyak buah yang berhasil dimakan badan ular akan semakin panjang.

CONVERTER II
Konversi ukuran panjang, berat, mata uang, suhu area dan volume dalam beberapa satuan masing-masing bisa diketahui dengan mudah. Misalnya untuk suhu, jika kita masukkan angka 150 derajat fahrenheit sama dengan 65.5 derajat celcius.

PERFORMA
Mendengarkan musik dan radio FM (multitasking) sambil bermain game dapat dilakukan bersamaan. Selular mendengarkan lagu-lagu mp3 dan membuka game Snake III tidak ada masalah (hang). Bahkan pada saat membuka aplikasi game tersebut lagu yang sedang didengarkan tidak ada interupsi. Memori internal hanya 16 MB, file image, video, maupun koleksi musik sebaiknya disimpan ke memori eksternal.

BATERAI
Ponsel ini dibekali dengan tenaga baterai sebesar 760 mAh. Pabrikannya berharap Nokia 5200 ini bisa bertahan untuk siaga selama 263 jam dengan waktu bicara non stop hingga 3,2 jam plus memutar musik sampai 12 jam. Namun saat diuji coba memutar musik tanpa henti, seri ini hanya mampu bertahan selama 10 jam.

KOMPETITOR
Sony Ericsson W810i
Motorola ROKR E2

selular.co.id

2 komentar:

  1. sy mau nanya.....kan kemaren sy beli hp nokia 5200 tapi setelh di pke 2 hari kok sinyalnya gk da......????????? sy sudah coba kartu sy di hp lain n ternyata sinyalnya full. knapa ya dngn hp sy.......?????? tlng kch tw ya please.....!!!!!!!!

    BalasHapus
  2. saya juga pernah seperti itu,
    permasalahannya ada di kartu saya, karena saya coba di hp lainnya juga sering hilang. namun setelah di restart balik lagi..


    namun kalau bukan simnya, maaf saya tidak paham tentang hardware dari hp. maaf ..
    :D

    BalasHapus

Please share your opinion. :)