Menurunkan Berat Badan

Di postingan kali ini saya ingin membagi kisah saya saat pertama kali mencoba diet dengan serius. Untuk alasan saya diet anda dapat melihatnya di postingan sebelumnya mengapa harus diet. Berat badan saya sebelumnya sekitar 73 - 74kg, setelah melakukan beberapa percobaan akirnya turun menjadi 64 - 65kg dalam waktu 2 bulan. Ketika orang awam ditaya bagaimana cara menurunkan berat badan, pasti jawaban yang utama adalah tidak makan banyak banyak atau berlemak. namun itu hanya sebagian cara yang dapat kita lakukan masih banyak cara yang dapat kita lakukan, semakin banyak cara yang digunakan, semakin cepatlah penurunan berat badan anda.

Saya tidak akan menceritakan apa saja yang saya lakukan pada saat itu namun akan memberikan beberapa "garis besar"  yang saya temukan di internet untuk menunjang proses penurunan berat badan yang saya lakukan.

  1. Olahraga
    Ya. olah raga adalah cara terampuh pertama dalam menurunkan berat badan. Lemak yang ada di tubuh merupakan cadangan energi tubuh manusia, dengan berolahraga kita akan menghabiskan energi cadangan tersebut.  Olahraga untuk diet juga ada efek sampingnya juga lho, tapi efeksampng yang menguntungkan, yaitu badan sehat dan nafas panjang. ini ada sedikit tips untu yang serius ingin berolahraga untuk menurunkan berat badannya

    • Olahraga cardio.
      olahraga cardio adalah olahraga yang memacu fungsi jantung bekerja lebih cepat. Dengan pengolahan cardio tubuh dapat membakar lebih banyak lemak, karena olahraga ini akan mengikat oksigen untuk proses pembakaran lemak. Beberapa olahraga bertipe cardio yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu jogging, berjalan, berenang, dan bersepeda.

    • Bentuk massa otot.
      Selain melakukan olahraga aerobik dengan cara cardio, otot juga memainkan peran penting dalam pembakaran lemak. Otot diibaratkan kompor yang akan membakar lemak tubuh. "Jaringan otot memerlukan kalori lebih banyak," kata Janet Walberg Ranin, PhD, profesor di Exercise Science Program di Virginia Polytechnic Institute, Amerika Serikat. Jika kita meningkatkan massa otot sambil mengurangi lemak, berarti kita meningkatkan kemampuan pembakaran. "Sampai petang hari, ketika Anda duduk dalam rapat atau membaca, otot-otot Anda yang baru terus bekerja membakar kalori," kata Ranin. (kompas). semakin banyak kompor (otot), semakin banyak pula energi yang akan dibakar (lemak).

    • Olahraga secara teratur.
      Nah  ini juga bagian paling penting dalam berolahraga. Semangat berolahraga kadang kadang hanya akan membara di awal saja, namun seiring angin beriup, api dan bara semangat berolahraga juga akan hilang. Temukan olahraga sesuai minat anda untuk menjaga semangat tersebut. Serta tentukanlah waktu untuk berolahraga secara rutin, atur sesuai jadwal kegiatan kita dalam seminggu, yah minimal 2 x seminggu @30-60 menit. Tentukan jadwal yang seimbang untuk tubuh anda, tentukan kapan otot dan tubuh harus berolahraga namun tidak melupakan jadwal otot dan tubuh untuk istirahat dan regenerasi.

  1. Diet.
    Banyak orang salah dalam menanggapi kata diet ini. Masih umum di pikiran masyarakat kalau diet adalah membatasi makanan yang kita makan. Diet itu sendiri sebenarnya berarti mengatur asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh dengan tujuan tidak hanya menurunkan massa tubuh, namun juga bisa menambah massa tubuh.

    • Komposisi Nutrisi
      Sebagaimana yang kita bahas di point 1 tadi untuk menghilangkan lemak berlebih di tubuh kita akan membatasi kalori yang masuk serta menambah massa otot untuk mempercepat pembakaran kalori. Untuk hal itu kita harus mengatur nutrisi yang masuk yaitu ( karbohidrat : lemak : protein ). Kita tidak bisa menghilangkan salah satu dari komposisi tersebut. karbohidrat digunakan untuk energi utama, anda lemas seharaian tanpa karbohidrat. sedangkan lemak befungsi sebagai sumber energi, bahan baku hormon, membantu transport vitamin yang larut lemak, sebagai bahan insulasi terhadap perubahan suhu, serta pelindung organ-organ tubuh bagian dalam. dan protein memerankan peran penting dalam pembakaran energi. jadi aturlah koposisi nya sebaik mungkin. ketika saya melakukan proses penurunan badan kira kira menggunakan komposisi 30 : 10 : 60 ( karbohidrat : lemak : protein )

    • Atur sesuai aktivitas
      Setelah menentukan perbandingan nutrisi, sekarang anda harus menentukan banyaknya jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Caranya adalah dengan melihat tingkat intensitas aktifitas sehai hari. tentunya sangat berbeda penggunaan energi antara pria dan wanita, antara tukang bangunan dengan pekerja kantoran. Ya, intinya adalah dengan mengatur kalori yang masuk. untuk lebih jelasnya dapat dilihat di web berikut Menghitung Kalori.

  2. Untuk faktor selanjutnya saya sendiri masih belum mencoba 100% yaitu manajemen pikiran. Jiwa yang bersih akan menghasilkan raga yang sehat pula. yang paling utama adalah jaga pikiran dari perasaan tertekan atau stress.

Intinya adalah usaha dan sabar, jangan terlalu berharap dengan cara menurunkan berat badan dengan cepat dan instant apalagi dengan cara tanpa berolahraga. karena menurunkan berat badan yang baik dan sehat butuh proses.

ada info tambahan dari pengalaman anda ? silahkan di share disini.

keep health  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please share your opinion. :)