Pengenalan Firewall

Lagi belajar ujian, iseng – iseng posting di blog yang sudah lama gag aktif. hhe.. nah ini penjelasan mengenai firewall menurut yang saya pelajari. Mudah mudahan juga mudah dipahami tentang dasar firewal yang pertama , yaitu pengenalan firewall.

Sebenarnya apa sih firewall itu ? dinding api?, kok ada di komputer dan internet apinya ?

Firewall adalah sebuah sistem atau grup sistem yang menjalankan kontrol akses keamanan diantara jaringan internal yang aman dan jaringan yang untrusted seperti internet.Firewall didesain untuk mengijinkan trusted data atau data yang dipercaya lewat, menolak layanan yang mudah diserang, mencegah jaringan internal dari serangan  luar yang bisa menembus firewall setiap waktu.
Firewall adalah sebuah perangkat yang diletakkan antara Internet dengan jaringan internal, Informasi yang keluar atau masuk harus melalui firewall ini. Tujuan utama dari firewall adalah untuk menjaga (prevent) agar akses (ke dalam maupun ke luar) dari orang yang tidak berwenang (unauthorized access) tidak dapat dilakukan.
Permisalan sederhana, pada suatu perumahan terdapat penjaga yang menyeleksi siapa saja yang boleh masuk ataupun keluar ke dalam perumahan. Pada suatu malam anak kecil ingin keluar perumahan di peraturan anak kecil tidak boleh keluar lebih dari jam 10 malam, maka anak kecil ini tidak boleh keluar dari perumahan.
Nah, di dalam firewall, perumahan dianggap jaringan lokal, dan anak kecil merupakan contoh salah satu paket yang melewati jaringan. Sedangkan satpam merupakan firewall yang bertugas menyeleksi anak kecil ( paket – paket) yang keluar masuk. Dan peraturan merupakan rule – rule yang ada di firewall.

firewall

Contoh lain lagi, tapi masih di perumahan, di perumahan tertentu diberlakukan peraturan bahwa semua mobil sedan harus lewat gerbang timur. nah di jaringan komputer mobil sedan dianggap suatu paket yang akan melewati jaringan, dan gerbang merupakan port tertentu yang ada di jaringan. misal semua paket http harus melewati port 8080.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please share your opinion. :)