Ramadhan 1431

Puasa Ramadhan merupakan rukun keempat dalam Islam.
Firman Allah Ta'ala :
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan asas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. "(Al-Baqarah : 183).
Sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam
Islam didirikan di atas lima sendi, yaitu : syahadat tiada sembahan yang haq selain Allah dan Muhammad adalah rasul Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan pergi haji ke Baitul Haram." (Hadits Muttafaq 'Alaih).
Ramadhan telah datang kembali, hari ini tanggal 11 agustus ibadah puasa pertama kali dilakukan sebagian umat islam. ketika sebelum ramadhan saya melihat acara tausiah di tv. satu nasihat yang benar benar saya ingat sebelum ramadhan seperti ini.Kita akan menghadapi bulan ramadhan yang penuh limpahan karunianya dan juga terdapat cobaan dari gusti Allah swt, apakah kita sudah menyiapkan perbekalan dan persiapan yang untuk mencari ridha allah di bulan ramadhan ini?

apa bekal yang harus kita persiapkan? ketika masuk bulan ramadhan banyak orang berpikiran " sudah masuk ramadhan, berarti dekat dengan hari raya, wah baju baru, perabot baru, harus menabung nih...". apakah kita harus menabung untuk baju baru sepatu baru celana baru, dll? sudahkah pernah terpikirkan oleh kita menabung guna menyantuni anak yatim di bulan ramadhan ? menabung untuk bukanya para musafir? bukanya kaum fakir miskin?
Dan ketika dipikir2 lagi, bulan ramadhan juga bulan cobaan bagi kita. Apa persiapan kita untuk menghadapi cobaan tersebut? Ketika kita ada ujian ( ujian nasional, ujian semester, ujian kenaikan pangkat, ujian masuk perguruan tinggi, dll) pasti kita mempersiapkan diri dengan belajar. alangkah lebih baik bagi kita untuk belajar tentang ilmu islam dan iman sebelum masuk bulan ramadhan, agar kita dapat menjalankan ramadhan dengan benar sesuai tuntunan nabi allah, muhammad saw. mengerjakan sesuatu hal atau perkara haruslah tahu tentang dasar dan ilmu dalam menjalani kegiatan tersebut.
ini ada ebook yang bagus untuk dibaca kerika ingin mengetahui arti puasa di bulan ramadhan.
Tuntunan Ramadhan.chm
Sedikit sharing pikiran dari saya. ( ini kepikiran barusan ajah )
mari sedikit mengoreksi diri kita masing masing, 
sudah berapa bulan ramadhan yang telah kita lalui?
setelah melewati sekian banyak bulan ramadhan tersebut, apakah memang ada yang bertambah dari kualitas kita?
apakah bulan ramadhan hanyalah sebuah peristiwa rutinitas kita yang harus dijalani satu kali tiap tahun?

smoga kita dapat benar benar memanfaatkan datangnya kembali bulan ramadhan untuk meningkatkan kualitas iman dan islam kita.
aamiin.,

selamat menunaikan ibadah puasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please share your opinion. :)